Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)


Status Akreditasi : A Nilai 92 unggul (Berdasarkan BAS Tahun 2017)

Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran merupakan salah satu dari 5 Kompetensi keahlian yang ada dan menjadi jurusan unggulan di SMK 17 Temanggung Pada kompetensi keahlian ini, siswa dibekali dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap untuk menjadi tenaga kerja tingkat menengah yang memiliki kecakapan dalam bidang pengelolaan administrasi perkantoran yang kompeten. Dengan adanya program keahlian ini diharapkan dapat mencetak tenaga-tenaga yang terampil, kompetitif, berkepribadian, dan profesional demi mencukupi kebutuhan tenaga kerja administrasi dalam lingkungan pekerjaan kantor untuk siap bersaing di era global baik untuk hidup mandiri maupun melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.



Ruang Lingkup:
Tujuan umum Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran adalah mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang administrasi perkantoran. Tujuan khusus Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan, dan sikap agar kompeten:
1.Menerapkan dan mengembangkan kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan memperhatikan norma dan lingkungan masyarakat,
2.Menerapkan dan mengembangkan kemampuan teknologi informasi untuk melaksanakan tugas secara efektif dan efisien,
3.Menerapkan dan mengembangkan kemampuan untuk merencanakan, melaksanakan, mengorganisasi dan mengevaluasi tugas yang menjadi tanggung jawabnya,
4.Menerapkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola surat/ dokumen sesuai standar operasi dan prosedur untuk mendukung tugas pokok lembaga,
5.Menerapkan dan mengembangkan kemampuan mengelola administrasi keuangan sehingga segala aspek keuangan dapat dilaporkan dan dipertanggung jawabkan,
6.Menerapkan dan mengembangkan pelayanan terhadap relasi sehingga diperoleh manfaat untuk semua pihak.

Kompetensi Lulusan Keahlian Administrasi Perkantoran Kompetensi Lulusan Keahlian Administrasi Perkantoran ini dirancang dalam rangka menciptakan tenaga kerja terampil pada bidang-bidang pekerjaan sebagai berikut:
1.Pengetikan naskah atau dokumen
2.Penanganan telepon
3.Penataan dan pengelolaan surat atau dokumen
4.Penataan dan pengelolaan arsip
5.Penanganan perjalanan bisnis
6.Penanganan dana kas kecil
7.Penyiapan pertemuan atau rapat
8.Penanganan aplikasi
9.Penanganan informasi melalui internet

Prospek Kerja:
Secara spesifik pekerjaan yang banyak membutuhkan lulusan Administrasi Perkantoran antara lain:
1.Sekretaris Junior
2.Petugas Administrasi
3.Petugas Kearsipan
4.Petugas Perpustakaan
5.Resepsionis
6.Operator Telepon
7.Juru Ketik
8.Wirausaha Mandiri
Top